Undaan Lor, Undaan, Kudus, Jawa Tengah 593720291 - 4247641

AGENDA BALAI

Tiga tahun vakum karna pandemi, Kirab Budaya Apeman Desa Undaan Lor kembali di gelar.

19 MAR 2023 - 14:03

Pemerintah Desa Undaan Lor kembali menyelenggarakan grebeg ruwah Apeman setelah tiga tahun vakum, grebeg ruwahan Apeman tahun ini mengangkat tema "SEWU APEM MANUNGGALING ROSO", grebeg ruwah sendiri nantinya akan ada beberapa rangkaian acara yang akan di awali dengan Khotmil Qur'an yang di selenggarakan hari Sabtu, 18 Maret 2023 di Aula Makam Syekh Abdullah (Mbah Gareng), dan akan di lanjutkan dengan Kirab Budaya yang di selenggarakan hari Ahad, 19 Maret 2023, Kirab budaya Apeman sendiri nantinya akan diarak warga sejauh enam kilometer, diawali dengan pengambilan sumber air belik di Masjid Kauman selanjutnya di lanjutkan dengan ziarah makam Mbah KH. Idris dan berakhir di makam Syekh Abdullah (Mbah Gareng).

 

Kirab budaya sendiri nantinya akan di ikuti oleh Muspika Kecamatan Undaan, Pemerintahan Desa Undaan Lor, tokoh dan ulama Desa Undaan Lor, satgas adat Desa Undaan Lor, punden dan belik Desa Undaan Lor, organisasi masyarakat, NU beserta banom, Muhammadiyah beserta banom dan lembaga sekolah atau madrasah di Desa Undaan Lor. Kirab budaya sendiri akan ada 9 Gunungan yang terdiri dari tiga gunungan apem, gunungan ambengan, gunungan pangan, gunungan polo pendem, gunungan polo gumantung, gunungan polo ketleser, dan gunungan jadah pasar, kemudian gunungan tersebut akan dibacakan dihadapan ribuan warga desa undaan lor disekitar area makam Syekh Abdullah (Mbah Gareng).

 

Bapak Nurul Qomar, selaku Kepala Desa Undaan Lor mengatakan dengan di selenggarakannya kegiatan ini agar masyarakat tetap mengingat jasa para leluhur desa dan juga dapat mengembalikan agenda budaya yg telah lama vakum akibat 3 tahun pandemi. Harapan beliau dengan adanya kirab ini agar mengangkat perokonomian warga dan membuat antusias warga Desa Undaan Lor untuk memeriahkan kegiatan ini.

 

Bapak KH. Asyrofi S.Pd.I, selaku ketua satgas adat Desa Undaan Lor mengatakan untuk kegiatan kirab budaya Apeman tahun ini agar selalu digelorakan dan disemarakkan karna itu salah satu tradisi leluhur kita dan merupakan ciri khas budaya Desa Undaan Lor.

"Apem itu aslinya dari bahasa arab afwun karena orang jawa berat mengucapkannya maka jadinya apem artinya afwun artinya maaf atau mohon maaf, maksudnya dibulan Sya'ban ini kami minta maaf atas kesalahan dan kita memasukki bulan Ramadhan tidak ada dosa diantara kita", Ujar beliau.

 

Budi Prasetyo, selaku ketua panitia Grebeg Ruwah Apeman mengatakan harapan kedepan untuk masyarakat dan pemuda pemudi desa undaan lor.

"Semua masyarakat desa undaan lor terutama para pemuda pemudi Desa Undaan Lor agar ikut serta dalam Grebeg Budaya Apeman biar lebih meriah, dan pemuda pemudi itu agar bisa nguri-nguri budaya", Ujar Budi selaku ketua panitia.


Info Terbaru
22 FEB 2024 08:02:32
undaanlor.desa.id - Pemerintah Desa Undaan Lor Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus, telah melaksanakan Musyawarah Desa ...
21 DES 2023 17:12:19
Kamis, 21 Desember 2023 telah dilaksanakan Penyerahan Sertifikat Penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) pada Apel ...
12 DES 2023 11:12:59
Undaanlor.desa.id - Desa Undaan Lor , 12 Desember 2023 bertempat di Balai Desa Undaan Lor, Pemerintah Desa Undaan Lor ...
10 DES 2023 09:12:15
Undaanlor.desa.id - Untuk menciptakan lingkungan desa yang bersih, sehat, dan asri Pemerintah Desa intruksikan kepada ...
07 DES 2023 10:12:29
undaanlor.desa.id - Rembuk Stunting Desa Undaan Lor Tahun 2023 - Pencegahan dan penanganan stunting merupakan salah ...

LINK TERKAIT